Home Lifestyle Pria dan Wanita Kenapa Pasanganmu Suka Berdebat dengan Kamu?

Kenapa Pasanganmu Suka Berdebat dengan Kamu?

5 min read
0
0
336
Illustrasi berdebat dengan pasangan | Photo by Vera Arsic from Pexels

Asmarainjogja.id-Memiliki pasangan yang menyenangkan dan mampu mengerti kita sungguh sangat membahagiakan, Bukan? Tapi ada juga memiliki pasangan yang tidak sesuai dengan impiannya, mau mengakhiri terlanjur, sudah menjadi suami atau istri.

Butuh pertimbangan untuk mengakhirinya. Atau mungkin sudah terlanjur cinta. Atau banyak sekali alasan untuk tetap mempertahankannya.

Banyak yang keliru hubungan antara pasangan disalahartikan? Pasangan seharusnya adalah tempat di mana kamu merasa nyaman, saling bertukar pikiran, saling tertawa, senda-gurau atau saling melepas kepenatan kala beban pikiran begitu banyak.

Baca juga:

Gampang, Ini Lima Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan saat #DiRumahAja

 Ternyata Inilah Lima Rahasia Manfaat Berberes-beres Rumah yang Jarang Diketahui

Tapi yang kita temui banyak sekali suami istri yang suka berdebat dengan pasangannya, padahal itu hal sepele. Perdebatan yang timbul lambat laun akan mengukir kebosanan atau lebih parah lagi sampai bercerai. Karena disebabkan komunikasi yang tidak menyenangkan di antara keduanya, enggan bercerita dan lebih suka memendam sendiri.

Kenapa hal demikian terjadi? Kadang jika pasangan ingin bercerita istri atau pun suami mulai pembicaraan, kadang pasangannya langsung mempatahkan argumen dan menyalahkan pasangannya sendiri.

Seharusnya sebagai pasangan kita seharusnya mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan sehingga pasangan kita merasa di hargai pendapatnya dan tentunya dia merasa nyaman dengan kita.

Pasangan bukan tempat adu otak siapa yang lebih pintar dan siapa yang lebih bodoh, bukan? Tapi kenyataaannya banyak senang bedebat dengan pasangannya, satu sama lain tetap mempertahankan argumen dan tidak mau kalah.

Menganggap dia yang paling tahu segalanya dan pasangannya salah. Banyak sekali kita temui pasangan yang demikian bukan?

Mulai dari sekarang hindari perdebatan dengan pasangan kamu. Mulailah bersikap rasional dan tidak mudah terpancing emosi. Karena pasangan bukan tempat untuk berdebat.


Siaplah selalu mendengar keluh-kesah pasangan kamu dengan baik. Dengarkan dia dengan baik, berikan solusi yang terbaik dan jangan mengintimidasi, meremehkan, menyepelekan masalah, atau suka menyalahkan dia sepihak.

Cukup kamu mendengarkan terlebih dahulu dan beri nasihat sebijak mungkin.

Karena setiap orang sejatinya ingin di hargai dan dihormati. Begitu juga dengan pasangan kamu. Berilah dia ruang tersendiri di hatimu jangan pernah campur adukkan dia dengan orang lain di hatimu.

Karena pasangan adalah orang spesial dan tentu untuk memperlakukannya juga berbeda. Tidak pukul rata saja memperlakukan pasangan dengan rekan kerja misalnya. Ini kadang hal kecil yang banyak tidak kita ketahui sama sekali.

Jangan pernah berdebat dengan pasangan kamu, karena pasangan bukan tempat untuk berdebat. Pasangan adalah tempat kasih sayang tumbuh dan mengakar kuat. Pasangan adalah tempat di mana kamu bersandar dari segala kegelisahan dunia, pasangan adalah sahabat terbaik kamu dalam segala hal.

Karena pasangan adalah seperti sepasang sepatu yang selalu di pasangkan, bergerak seirama tanpa membedakan siapa yang kuat siapa yang lemah.

Penulis: Rizka Wahyuni, mahasiswi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

Baca berikutnya: Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis

Iklan gratis
Obat jerawat ampuh. Benar, kah?
Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Pria dan Wanita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Problema Transpransi dan Akuntabilitas Penyebab Korupsi

Asmarainjogja.id-Minimnya pejabat publik yang memiliki kesadaran tranparansi dan akuntabil…