Home Lifestyle Pria dan Wanita Menikah di KUA, Kenapa Tidak? Ini Alasannya!

Menikah di KUA, Kenapa Tidak? Ini Alasannya!

5 min read
1
0
602
Ilustrasi pernikahan sederhana | Photo by Danu Hidayatur Rahman from Pexels

Asmarainjogja.id-Setiap pasangan ingin sekali mewujudkan hari bersejarah dalam hidup mereka, yaitu dengan sebuah pernikaham. Apalagi seorang wanita, pasti memiliki impian pernikahannya?

Rata-rata wanita kalau ingin ditanya bagaimanakah konsep pernikahan yang menarik? Pasti banyak sekali impian-impian yang mereka sebutkan satu persatu.

Memiliki impian pernikan dengan cara tersendiri tidak ada salahnya. Setiap orang punya impian dan cara sendiri untuk mewujudkan suatu pernikahan.

Menikah dengan acara yang mewah dan didatangi oleh seluruh sahabat, kerabat dan teman-teman mungkin saja kebahagian tersendiri bagi pasangan tersebut. Apalagi merayakan di gedung mewah, makanan yang lezat dan dekorasi ruangan yang luar biasa apik adalah keinginan semua orang.

Barangkali ada juga yang mengusung tema out door dalam pernikahan dengan ala taman bunga. Nah, yang lebih gokil lagi, bagi pasangan pengantin yang hobi mendaki gunung, menikah di gunung adalah impian mereka dan para tamu undangan juga harus mendaki gunung untuk menyaksikan acara pernikan tersebut.

Berbagai macam konsep pernikahan yang mungkim ada di benak masing-masing setiap pasangan. Ada juga yang mulai sekarang udah melirik make up artis yang terkenal, sehingga suatu saat ketika menikah berharap bisa pakai jasa make up artis tersebut.

Baca juga:

Ternyata Inilah Lima Rahasia Manfaat Berberes-beres Rumah yang Jarang Diketahui

Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis

Atau barangkali ingin menyewa seorang fotografer handal untuk mengabadikan pesta pernikahan impian. Semua itu sah-sah saja tidak ada salahnya.

Kalau ditanya, mau nggak kalau menikah di KUA (Kantor Urusan Agama) saja? Pasti rata-rata pasangan serentak menggelengkan kepala, bukan? Kenapa menikah di KUA? Lagian saya mampu kok? Kan, menikah di KUA itu bagi yang nggak punya uang?

Setau penulis menikah di KUA tidak dikenakan biaya sama sekali alias Gratis. Jarang sekali kita temui pasangan yang hanya menikah di KUA. Mungkin karena gengsi atau mungkin dengan berbagai macam alasan.

Padahal pada zaman orang kita dulu, mereka banyak yang menikah di KUA dan tidak malu sama sekali. Toh menikah di KUA atau di gedung mewah juga sama-sama sah.

Menikah di KUA kenapa tidak, bukan? Kenapa harus menikah mewah tapi ternyata biaya untuk pernikahan hebat itu didapatkan dengan cara berhutang di sana-sini. Atau memaksa orangtua untuk membiayakan pernikahan kita dan orangtua rela menjual tanah demi pernikahan impian kita? Sangat menyedihkan bukan?

Acara pernikahan hanya satu hari tapi bayar hutang bertahun-tahun. Yang paling miris belum lunas utang, eh, sudah cerai aja. Coba bayangkan jika kasusnya seperti itu?

Pernikahan itu adalah hal yang sangat sakral dan suci. Apakah untuk terlihat hebat dan terpandang harus memiliki konsep pesta pernikahan yang glamor? Apakah semua itu menjamin pernikahan kamu akan langgeng sampai kakek, nenek? Jawabannya tidak ada yang bisa menjaminnya.

Pilihan untuk menikah di KUA, kenapa tidak? Selain kamu dan pasangan dapat menghemat pengeluaran dan tentunya uang tersebut dapat digunakan dengan pasangan kamu untuk modal dalam berbisnis.

Mengembangkan bisnis yang kalian impikan dan tentunya akan meningkatkan finansial. Jadi jangan malu kalau kamu hanya menikah di KUA. Malulah jika pesta pernikahan mewah kamu, dari hasil utang atau membebankan orangtua.

Penulis: Rizka Wahyuni, mahasiswi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

Baca berikutnya: Kenapa Pasanganmu Suka Berdebat dengan Kamu?

Iklan gratis
Review obat jerawat, bagaimana hasilnya?
Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Pria dan Wanita

One Comment

  1. […] Baca berikutnya: Menikah di KUA, Kenapa Tidak? Ini Alasannya! […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ara dan Kota Kenangan

Asmarainjogja.id-Matahari kian ganas menunjukkan panasnya, seakan-akan berada di atas kepa…