Home Lifestyle Pria dan Wanita Tidak Perlu Repot, Inilah Alasannya kenapa Kamu Menikah di KUA Saja

Tidak Perlu Repot, Inilah Alasannya kenapa Kamu Menikah di KUA Saja

8 min read
0
1
273
Ilustrasi menikah | Pixabay from Pexels.com

Asmarainjogja.id-Menikah adalah impian setiap pasangan, apalagi menikah dengan konsep yang diidamkan. Siapa yang tidak mau menjadi raja dan ratu sehari? Banyak pasangan yang mencicil harapan-harapan tersebut dengan memulai dengan cara mereka masing-masing. Ada yang menabung hasil gaji mereka, ada yang berutang dan ada juga yang rela menjual tanah peninggalan orang tua.

Tapi tidak sedikit juga yang menikah dengan cara yang sederhana, seperti hanya mengundang keluarga dan orang-orang terdekat saja untuk menikmati hari kebahagiaan mereka. Bahkan ada juga pasangan yang memiliki prinsip menikah di KUA (Kantor Urusan Agama) saja sudah cukup, tanpa harus berpesta pora serba mewah dan glamor.

Karena bagi mereka menikah adalah hal yang sangat sakral. Tidak heran banyak yang melangsungkan akad di KUA, tentunya gratis dan tidak merepotkan.

Berikut ini beberapa keuntungan jika kamu menikah di KUA:

1. Menghemat biaya     

Ilustrasi uang | Photo by bady qb on Unsplash

Menikah di KUA mungkin terdengar menggelikan bagi sebagian orang. Karena menikah dalam pandangan kebanyakan orang adalah menyelenggarakan pesta yang sangat meriah dan mengundang banyak tamu. Bagaimana menikah di KUA saja? Nah menikah di KUA juga banyak sekali keuntungan yang kamu dapatkan bersama pasangan, yaitu menghemat biaya.

Baca juga:

Kenapa Pasanganmu Suka Berdebat dengan Kamu?

Jelas bahwasanya menikah langsung di KUA tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Pihak perempuan bisa membawa wali nikahnya dan saksi. Nah, bagi kamu yang berencana menikah dengan pasangan jika terkendala biaya, menikah di KUA mungkin bisa saja jadi pilihan tepat. Atau bagi kamu yang ingin merasakan menikah berbeda dengan kebanyak orang lain bisa saja  menikah di KUA hal yang bisa jadi pilihan bagi kamu.

2. Terhindar dari lilitan utang

Ilustrasi tagihan dari dept collector | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Untuk mewujudkan pernikahan impian banyak pasangan yang berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannnya. Mungkin dengan gaji yang pas-pasan tidak akan terwujud semua itu. Banyak yang melakukan jalan pintas untuk mendapatkan uang dengan cara berutang. Berutang adalah cara yang simpel dan instan. Uang yang didapatkan tentu sesuai dengan harapan. Tapi kadang orang tidak mengetahui berutang itu sangat menderita dan menjadi beban pikiran.

Baca juga:

Ternyata Inilah Lima Rahasia Manfaat Berberes-beres Rumah yang Jarang Diketahui

Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis

Termasuk berhutang untuk biaya pernikahan, sudah banyak kita ketemui orang-orang yang sudah terjebak pada utang. Bahagia ketika pernikahan itu mungkin hanya satu hari saja. Setelah itu hari berikutnya ada beban yang harus ditanggung oleh pengantin baru tersebut. Nah, bagi kamu yang rasanya tidak sanggup menikah dengan biaya yang banyak. Menikah di KUA juga bisa jadi pilihan bagi kamu. Selain kamu bisa terhindar dari utang dan hidupmu kedepannya bersama pasanganmu akan lebih nyaman menjalani hari-hari.

3. Tidak memberatkan orangtua

Ilustrasi orangtua sedih | Photo by Gus Moretta on Unsplash

Menikah bukan hanya menikah antara dua orang, tetapi ada dua keluarga yang saling menjalin silaturahmi, bukan? Terkadang kita yang ingin menikah dengan konsep yang kita dambakan sejak dahulu, banyak sedikitnya pasti melibatkan orang tua.

Setiap orangtua ingin melihat anak-anaknya bahagia, bukan? Segala cara akan dilakukan oleh orangtua agar anak-anaknya bisa bahagia. Termasuk dalam hal pernikahan, orang tua melakukan apapun asalkan anaknya bahagia, seperti menjual tanah atau menggadaikan surat tanah ke Bank. Agar anaknya bisa menikah dengan konsep pernikahan yang diimpikannya.

Nah, jika kamu tidak ingin memberatkan kedua orangtuamu, menikah di KUA kenapa tidak? Yang  penting sah dan diakui oleh agama dan negara.

4. Uang pesta pernikahan bisa kamu alihkan untuk investasi

Ilustrasi recespi pernikahan | Photo by Luis Tosta on Unsplash

Bagi yang ingin menikah dengan konsep yang mahal dan mewah, coba kamu pikir ulang kembali? Dalam sehari uang yang kamu keluarkan hilang begitu saja. Ya, hanya sehari saja. Mungkin untuk menggelar pesta pernikan kamu bisa menghabiskan uang puluhan juta mungkin ratusan juta rupiah.

Wah, kalau dipikir-pikir uang tersebut bisa kamu gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat kehidupanmu bersama pasangan. Misalnya saja dengan menikah di KUA kamu bisa mengalokasikan dana pesta penikaan untuk investasi atau bisnismu kedepannya.  Itu sangat menjanjikan dan merupakan ide yang cerdas.

Menikah di KUA bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menikah bersama pasangan. Sejatinya menikah adalah ritual sakral dan tentunya menikah di KUA ataupun digedung sama-sama sah dimata agama dan negara bukan? Itulah beberapa manfaat jika kamu menikah di KUA.

Penulis: Rizka Wahyuni, mahasiswi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

Baca berikutnya: Menikah di KUA, Kenapa Tidak? Ini Alasannya!

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Pria dan Wanita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Problema Transpransi dan Akuntabilitas Penyebab Korupsi

Asmarainjogja.id-Minimnya pejabat publik yang memiliki kesadaran tranparansi dan akuntabil…