Home Lifestyle Ini Cara Hidup Minimalis, Mulailah dari Isi Lemarimu!

Ini Cara Hidup Minimalis, Mulailah dari Isi Lemarimu!

5 min read
0
0
303
Ilustrasi lemari pakaian | Photo by Андрей Постовой on Unsplash

Asmarainjogja.id-Memulai sebagai seorang minimalis mungkin bagi sebagian orang sangat sulit. Apalagi bagi orang yang sudah terbiasa dengan kehidupan hedonis dan konsumtif yang berlebihan. Jika mendadak menjadi seorang minimalis sangatlah susah, karena terbiasa dengan gaya hidup sebelumnya yang serba mewah dan glamor.

Konsep hidup minimalis sangat populer dianut oleh anak-anak mileneal saat ini, pelan tapi pasti banyak yang tertarik dan ingin sekali menerapkan konsep hidup minimalis di kehidupan mereka. Seseorang yang ingin belajar konsep minimalis akan terus mencari tahu apa itu konsep minimalis yang sebenarnya.

Apakah minimalis itu hanya memiliki sedikit barang-barang? Atau tidak sama sekali membeli barang yang dibutuhkan?

Konsep minimalis adalah konsep mengoptimalkan segala sesuatu dengan sangat sederhana dan banyak memiliki barang-barang yang tidak dibutuhkan. Konsep minimalis dipopulerkan oleh Maria Kondo, dia adalah wanita asal Jepang yang menerapkan hidup minimalis dalam kehidupannya.

Jika ingin menerapkan hidup minimalis mulailah dengan hal-hal sederhana terlebih dahulu. Misalnya dengan memulai dari isi lemari pakaianmu terlebih dahulu. Coba buka lemari pakainnmu apakah didalamnya banyak terdapat baju kamu yang sudah lama tidak terpakai lagi, tapi masih tetap kamu simpan? Sehingga menyebabkan lemari tersebut penuh dan kadang berantakan.

Kamu bingung dan tidak bisa memilih mana baju yang benar-benar yang tidak dibutuhkan lagi. Terkadang kita terjebak di kondisi seperti ini, bukan?

Sehingga membiarakannya saja menumpuk di lemari, dan gaya konsumtifmu tetap berjalan tanpa henti, setiap minggu atau setiap bulan kamu membeli baju-baju yang kamu senangi dan itu terjadi terus-menerus dalam hidupmu.

Baca juga:

Ternyata Inilah Lima Rahasia Manfaat Berberes-beres Rumah yang Jarang Diketahui

Gampang, Ini Lima Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan saat #DiRumahAja

Nah, jika kebiasaan tersebut dilakukan secara bertahun-tahun tidak terbayangkan sebanyak apa pakaian yang ada di lemari?

Jika ingin memulai hidup minimalis mulailah dari lemarimu. Mengapa demikian? Karena memulai dari isi lemari adalah hal yang bisa dilakukan oleh setaip orang. Buka lemari pakaian coba keluarkan semua pakaiannmu di dalam lemari.

Coba pisahkan baju yang benar-benar kamu pakai untuk sehari-hari, baju yang masih kamu pertimbangkan (disimpan) dalam tiga bulan kedepannya. Dan baju yang benar-benar tidak kamu pakai lagi, atau mungkin bisa kamu donasikan.

ilustrasi menyortir pakaian | Photo by Sarah Brown on Unsplash

Setelah disortir, maka susunlah baju yang akan kamu gunakan sehari-hari di lemarimu secara rapi. Sedangkan baju yang masih kamu pertimbangkan bisa dipisahkan di suatu tempat, baju tersebut bisa kamu pikir ulang selama tiga bulan kedepan, apakah masih membutuhkannya atau ingin mendonasikannya saja. Semua itu bisa kamu pertimbangkan lagi.

Setelah menyusun kembali pakaian-pakaian tersebut, kamu dapat membedakan kualitas sebelum dan sesudah disortir. Tentu saja akan terlihat lebih rapi dan tidak penuh seperti biasanya.

Memulai hidup minimalis dari merapikan isi lemarimu dapat dilakukan dengan cara mudah dan tentunya meningkatkan kualitas hidupmu. Dan secara psikologi hari-hari yang kamu jalani akan terasa lebih ringan dan tidak memberatkan. Karena kadang kita merasa kesal dan tiba-tiba badmood ketika membuka lemari pakaian, karena banyak sekali pakaian yang menumpuk.

Penulis: Rizka Wahyuni, mahasiswi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

Baca berikutnya: Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis

Iklan gratis
Review obat jerawat
Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Sebelum Berangkat, Ini 10 Tips Bertualang ke Curug Lawe

Asmarainjogja.id-Pesona Curug Lawe yang berada di Lereng Gunung Ungaran memang tak diraguk…