Home Berita Degan Bakar Ibu Siti Viral di TikTok karena Bisa Mengobati Berbagai Penyakit

Degan Bakar Ibu Siti Viral di TikTok karena Bisa Mengobati Berbagai Penyakit

4 min read
0
1
129
Degan bakar Ibu Siti
Degan bakar Ibu Siti | Foto asmarainjogja.id

Asmarainjogja.id-Jika melintas dari Yogyakarta ke Magelang, Anda akan menemukan degan bakar Ibu Siti di tepian jalan. Degan yang biasa diminum langsung begitu saja, namun kali ini terlebih dahulu dibakar, tepatnya dipanggang di bara api tempurung kelapa. Terlihat  pada video di sana, degan muda tersusun rapi di atas bara api yang memerah.

Berdasarkan keterangan dari pedagang tersebut, degan bakar hijau yang telah dibakar berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. “Khasiatnya untuk obat, kalau kena gula, kalau mau sempurna seperti dulu habisnya itu sebulan. Diminum setiap hari,” ujar perempuan paruh baya itu. Selain diabetes, degan bakar dipercaya bisa meyembuhkan struk, batu ginjal, kangker, ambien, dan paru-paru.

Video viral itu diunggah di akun TikTok @asmarainjogja pada Minggu, 6 Desember 2020. Sampai informasi ini ditulis, video berdurasi 58 detik tersebut dilihat 409.9 K pengunjung TikTok dan disukai 24.3 K, dibagikan sampai 456 kali, dan dikomentari sebanyak 175. Beragam dari TikToker berkomentar, mulai dari serius sampai bercanda.

“Waw, seketika nggak ada fungsi dokter. Semua bisa diobati,” tulis pemilik akun @user355482808 (Orang Tua).

“Iya, bener banget, Kak, banyak khasiatnya,” tulis akun @ygptggoyangg_ (Fedra Desiani Syafit).

Pemilik akun @aku_mila.1 bertanya sembari bercanda, “Mau nanya, bisa ngobati sakit hati nggak?”

“Eh, si ibu lewat di FYP-ku, langgananku ini. Kalau dari Semarang kanan jalan, kalau dari Jogja kiri jalan setelah pom. Degannya sepet-seper sangit gitu,” tulis pemilik akun @anifaapanda (Anif S’tea Panda).

Pada jurnal kesehatan berjudul Air Kelapa Muda sebagai Obat Tradisional dan Alamiah yang ditulis Ida Untari, SKM, M.Kes menerangkan air kelapa secara umum kaya gizi, air kelapa mengandung 4,7 persen total padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral.

Jurnal tersebut juga menjelaskan khasiat kelapa muda, di antaranya; 1. Penetral racun, 2. Makanan bergizi pada anak, 3. Gatal dan eksim, 4. Rasa panas pada luka bakar, 5. Demam berdarah, 6. Cacingan pada anak, 7. Mengusir cacing kremi, 8. Disentri, 9. Untuk kecantikan, menghilangkan jerawat, 10. Mencegah kerutan wajah, 11. Mencegah uban, 12. Ketombe, 13. Meningkatkan gairah seksual, 14. Membuat suara merdu, 15. Demam, 16. Sakit panas dalam, 17. Sakit panas, 18. Kencing batu, 19. Mengurangi sakit waktu haid, 20. Influenza, 21. Morbili atau campak, 22. Sakit gigi berlubang. 

Penulis: Asmara Dewo, bersua di dunia maya melalui akun IG @asmaradewo

Lihat videonya di TikTok!

@asmarainjogjaLezat dan sehat degan bakar Ibu Siti 🤣 ##DeganBakar ##KulinerMagelang ##fyp ##foryou ##asmarainjogja ##perjalanan ##kuliner ##tiktoktravel ##Lazada1212 ##trip♬ original sound – Asmara in Jogja

Baca juga:

Serunya ke Pulau Kalong dengan Sepeda

Sebelum Berangkat, Ini 10 Tips Bertualang ke Curug Lawe

Petualangan Berkesan ke Curug Lawe di Lereng Gunung Ungaran

Nepal Van Java Magelang, Wisata Baru yang Viral di Gunung Sumbing 

 

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Penganiayaan terhadap Difabel Steven Menambah Kasus Rasisme Warga Papua yang Dilakukan Aparat Keamanan

Asmarainjogja.id-Penganiayaan yang dilakukan oleh dua anggota Polisi Militer Angkatan Udar…