Home Berita Diskusi Publik Pemilu 2024 : Kaum Muda hanya Penyumbang Suara?

Diskusi Publik Pemilu 2024 : Kaum Muda hanya Penyumbang Suara?

6 min read
0
0
77
Poster media Diskusi Publik
Poster media Diskusi Publik Millenial Talk

Asmarainjogja.id-Manusia merupakan mahkluk yang memiliki akhlak dan kepintaran. Ketika berada di tahap remaja transisi menuju dewasa mulai ada perubahan dari manusia baik berupa fisik, akal, karakter dan sifat. Kaum muda atau yang disebut sebagai generasi muda ketika berumur 17-30 tahun  menentukan bagaimana nasib Negara Republik Indonesia di masa yang akan datang. Apakah menjadi lebih baik atau sebaliknya.

Kaum muda harus bijak dalam memilih siapa yang orang tepat dalam memimpin negara ini. Atau bersikap independent dengan memberikan ide dan gagasan baru untuk politik alternatif yang berbasis kerakyatan.

Maka dari itu Milenal Talk menggelar Diskusi Publik bertema “Pemilu 2024: Kaum Muda Hanya Penyumbang Suara?” Forum ini tentunya sebagai tempat belajar dan berbagi memberikan ide, gagasan, kritikan, yang tujuannya semata-mata untuk kepentingan publik.

Menurut Ketua Pelaksana Rico Kandou, SH “Dengan adanya forum diskusi dari kami mahasiswa Hukum Unsrat, menjadi wadah untuk kami memberikan ide, gagasan, mengupas isu-isu, serta membuka cakrawala pikiran kita dan masyarakat luas, kiranya forum diskusi ini memberikan dampak positif untuk banyak khalayak,” ujarnya, Jumat (24 November 2023).

Acara dijadwalkan pada tanggal 25 November 2023 mulai pukul 15.00 WITA – Selesai, melalui Zoom, silahkan gabung di sini Meeting ID: 836 7582 1157 Passcode: Millenials.

Tujuan dilaksanakannya Diskusi Publik ini agar kaum muda dapat memilih secara bijak pilihan yang menentukan nasib negara ini dan memberikan kesadaran politik progresif sebagai antitesis dari politik kaum oligarki. Para narasumber yang diundang adalah aktivis dari berbagai latar belakang yang punya pandangan politik masa depan membawa perubahan bangsa.

Seperti Frans Eka Dharma Kurniawan (Ances) (Koordinator Karateker KPBI SULUT), ia sudah malang melintang dalam gerakan sosial dan politik sejak masa muda sampai sekarang. Terlibat pula dalam gerakan 98 di Sulawesi Utara, di mana masa orde baru yang penuh dengan pembungkaman demokrasi dan pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia).

Selanjutnya ada Sulthon Ode yang saat ini diberi mandat sebagai Sekjend Nasional KPR (Kesatuan Perjuangan Rakyat) dan Sekjend Nasional BMI (Barisan Masyarakat Indonesia). Ia juga aktif dalam gerakan yang memperjuangkan hak-hak masyarakat.

Sekretaris Pelaksana  Enjelina Venesia Mokaliran, SH, menerangkan “Dalam konteks pemilihan umum yang semakin mendekat, fokus pada peran kaum muda sebagai penyumbang suara menjadi pusat perhatian. Data terbaru menunjukkan bahwa partisipasi kaum muda dalam proses demokrasi telah meningkat secara signifikan, memberikan dampak positif pada dinamika politik dan keberagaman pandangan.”

Venesia menekankan pentingnya peran kaum muda bagi arah bangsa “Pentingnya suara kaum muda dalam menentukan masa depan negara tidak bisa diabaikan. Melalui pendekatan yang progresif dan pemikiran yang inovatif, kaum muda telah membawa energi segar dan perspektif baru ke dalam arena politik. Pemilihan umum kali ini menawarkan peluang bagi generasi muda untuk mewujudkan perubahan yang diinginkan dan memberikan kontribusi signifikan terhadap arah kebijakan nasional.

Venesia juga mengingatkan untuk berdemokrasi, “Peningkatan partisipasi kaum muda adalah pencapaian positif, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa setiap suara dihargai dan didengar. Kampanye pendidikan pemilih yang lebih intens dan aksesibilitas informasi yang lebih baik diperlukan untuk memastikan bahwa kaum muda dapat membuat keputusan yang terinformasi dan memahami dampak pilihan mereka.

“Para pemimpin partai dan calon diimbau untuk lebih mendekati dan mendengarkan aspirasi kaum muda. Dengan memberikan ruang bagi gagasan dan keprihatinan generasi muda, kita dapat membangun fondasi yang lebih kuat untuk masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” harap Venesia.

Forum Diskusi Milenial Talk ini secara terbuka mengundang elemen masyarakat, Kaum Muda, dan Mahasiswa untuk hadir dalam diskusi publik.  Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran diskusi publik dapat menghubungi Vanesia Mokaliran di Nomor 082271114142.

Redaksi

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *